Jumat, 16 Juni 2017

Permasalahan Overload AC Tidak Bekerja

AC memiliki beberapa komponen salah satunya overload. Fungsi Overload sendiri adalah untuk mengamankan kompresor jika kompresor tidak bekerja dengan normal, overload bekerja dengan cara memutuskan aliran listrik pada kompresor. Berikut Permasalahan Overload AC Tidak Bekerja :
  • Kapasitor Mati
Kapasitor berfungsi untuk menciptakan beda fasa sehingga rotor dapat menentukan arah putaran, jika kapasitor tidak bekerja dengan baik maka rotor tidak dapat berputar sehingga terjadi hubung singkat pada lilitan lalu mengakibatkan arus listrik naik dan memicu overload bekerja memutus aliran listrik yang masuk kompresor.
  • Kompresor Kurang Oli
Kompresor adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memompa refrigran agar dapat bersirkulasi pada sistem refrigran, kompresor membutuhkan pelumas untuk memperkecil gesekan pada kerja mekanik sehingga ketika kompresor kekurangan oli maka akan terjadi gesekan yang menimbulkan panas yang berlebih hal ini yang memicu overload memutuskan arus sehingga kompresor tidak semakin panas.
  • AC Ruang Kurang Freon
Freon atau refrigran pada ac ruang memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya adalah mendinginkan kompresor. Jika dalam keadaan normal refrigran yang masuk ke dalam pipa hisap kompresor bersuhu rendah sehingga dapat membantu kompresor agar tidak terlalu panas, tetapi jika refrigran kurang maka refrigran yang masuk ke dalam pipa hisap tidak membantu mendinginkan kompresor sehingga suhu kompresor akan semakin tinggi dan mengakibatkan overload bekerja.
Baca juga : Cara Mengatasi Bunga Es Pada Pipa AC

  • Sistem Refrigran Buntu
Pada keadaan normal refrigan yang dipompa oleh kompresor akan bersirkulasi mengelilingi sistem refrigran, jika pada sistem refrigran terjadi buntu hal ini mengakibatkan refrigran tidak dapat bersirkulasi dengan baik sehingga beban kompresor meningkat dan menyebabkan arus listrik naik. Ketika arus listrik melebihi batasan pada overload maka overload akan memutuskan arus.

Pada umumnya overload ini dapat memutus arus apabila overload mendeteksi panas yang berlebih. Panas tersebut dapat dihasilkan oleh kompresor itu sendiri atau akibat arus listrik yang berlebih dan menimbulkan panas. Sehingga ketika overload sudah dingin maka kontak yang ada pada overload akan terhubung kembali.

Ciri-ciri yang timbul ketika terjadi overload adalah kompresor mati tetapi blower outdoor tetap menyala sehingga ac ruang tidak dingin.

Itulah sedikit informasi tentang Permasalahan Overload AC Tidak Bekerja, Semoga bermanfaat dan menjadi sarana menambah ilmu bagi para pembaca blog ini yang ingin belajar tentang ac..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar